Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Tiworo Raya Bakal Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Kabupaten Mubar Tahun 2022

×

Tiworo Raya Bakal Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Kabupaten Mubar Tahun 2022

Sebarkan artikel ini

LIPUTAN6SULTRA.COM,MUBAR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) tengah mempersiapkan perayaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten yang keempat kalinya tahun 2002.

Renwcananya, kegiatan tahunan tersebut bakal diselenggarakan di daerah Tiworo Raya (Kecamatan Tikep, Kecamatan Tiworo Tengah, Kecamatan Tiworo Selatan, Kecamatan Tiworo Utara dan Maginti), yang rencananya dilangsungkan pada 21-25 Februari mendatang.

Saat ini, pihak Pemda Mubar sedang menunggu hasil kesepakatan para camat di sana, ihwal penentuan tuan rumah sekaligus lokasi pelaksanaannya.

Selain itu, Pemda Mubar juga sedang menggodok surat pemberitahuan di setiap kecamatan, terkait dengan cabang lomba dan rambu-rambu kegiatan yang dilombakan nanti.

“Kita tunggu kesepakatan para camat di sana. Pelaksanaannya nanti di daerah Tiworo Raya pada 21 sampai 25 Februari. Yang diperlombakan nanti diantaranya, Tartil, tilawah dan hafalan termasuk kegiatan tambahan pawai taaruf,” jelas Kabag Kesra Pemkab Mubar, La Karimu, Selasa (8/2/2022).

La Karimu memaparkan, dari tiga cabang lomba itu, ada 10 jenis kegiatan yang dilombakan. Rinciannya, untuk tilawah ada tiga tingkatan mulai dari kategori anak-anak, remaja dan dewasa.

Kemudian moratal dua tingkatan saja yakni remaja dan dewasa, Mujawad khusus kategori dewasa. Selanjutnya, Tahfiz diperlombakan empat tingkatan dengan mulai dari 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 20 juz.

“Sedangkan Tartil itu cuman membaca dengan irama biasa saja, khusus usia 7 sampai 11 tahun. Semacam tadarus,” rinci La Karimu.

La Karimu menambahkan, tak ada persiapan yang spektakuler. Pihaknya sementara menunggu saja penentuan dan lokasi serta kelengkapan MTQ. Termasuk, persiapan dan administrasi dan SK.

Dengan terselenggaranya kegiatan islamiah itu, sasarannya ada partisipasi penuh dari pemerintah. Apalagi, kegiatan itu syiar Islam.

“Jadi semoga kegiatan ini, generasi kita semakin terpacu merawat nilai-nilai keagamaan. MTQ memang seremonial tapi minimal tidak generasi Quranin semakin berkembang di Mubar. Kita juga berharap bahwa ada sukses prestasi yang kita mau capai,” harap La Karimu. (Deddy)

Example 728x250
banner 325x300