Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerahSMP 3 KENDARI

SMPN 3 KENDARI SULAP LAHAN TIDUR SEKOLAH MENJADI LAHAN PRODUKTIF

×

SMPN 3 KENDARI SULAP LAHAN TIDUR SEKOLAH MENJADI LAHAN PRODUKTIF

Sebarkan artikel ini

KENDARI,SULTRA – Lahan Tidur sekolah dapat disulap dan dimanfaatkan menjadi lahan produktif. Demikianlah yang dilakukan oleh Guru dan siswa SMPN 3 Kendari atas arahan Kepala sekolahnya yang mengolah lahan tidur di lingkungan sekolah dengan menanam ubi kayu dan sayuran.

Dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di Sekolah, para siswa kelas 7 dan 8 SMPN 3 Kendari Tengah di ajak untuk menanam seperti ubi kayu dan sayuran. Kegiatan berkebun atau bercocok tanam ini merupakan pembelajaran yang mengaitkan pembelajaran di kelas dengan kehidupan di lingkungan keseharian para siswa, baik itu di lingkungan rumah, masyarakat dan sekolah.

Seperti yang terlihat, dengan didampingi oleh para guru, siswa dan siswi SMPN 3 Kendari bersemangat sekali menanam ubi. Nasrullah, S.Pd., M.M.B selaku guru mata pelajaran PPKn mengatakan, sebelum menanam ubi para siswa diperintahkan terlebih dahulu untuk membersihkan lahan kosong tersebut. ”Sebelum ditanami, para siswa membersihkan dan mencakul tanah tersebut agar mudah saat menanam ubi kayu,” ujar Nasrullah.

Pada kesempatan yang sama Kepala SMPN 3 Kendari Sabil, S.Pd., M.Pd ketika ditemui diruang kerjanya Senin, 27/11/2023 pagi, menyebutkan, pihaknya telah memanfaatkan lahan tidur di lingkungan sekolah untuk menjadi lahan produktif yakni dengan menanam ubi kayu dan sayur-sayuran.

Lebih lanjut Sabil, mengatakan kegiatan ini merupakan aplikasi dari pembelajaran kurikulum mardeka yakni pembelajaran atau implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila. Dengan projek ini dapat memberikan edukasi kepada peserta didik dalam pemanfaatan lahan tidur sekolah menjadi lahan produktif yang bernilai ekonomis, jelasnya.

“Kegiatan ini melatih dan menanamkan sikap kemandirian, kerja sama, dan kewirausahaan sejak dini kepada siswa. Sehingga ke depan diharapkan setelah tamat nantinya mereka dapat memanfaatkan lahan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya menjadi lahan yang menghasilkan dan bernilai ekonomi,” harapnya optimis.

Laporan : Redaksi

Example 728x250
banner 325x300