Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Pj Bupati Muna Barat Hadiri Undangan Sebagai Pengamat ARDEX-2023 di Yogyakrta

×

Pj Bupati Muna Barat Hadiri Undangan Sebagai Pengamat ARDEX-2023 di Yogyakrta

Sebarkan artikel ini

Liputan6sultra.com – Pj Bupati Muna Barat, Dr. Bahri, S.STP, M.Si bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna Barat hadiri kegiatan ASEAN Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise (ARDEX) 2023. Dr. Bahri diundang sebagai salah satu observer atau pengamat dalam kegiatan tersebut. 

Pj Mubar Mengatakan Bahwa Kegiatan ARDEX merupakan agenda dua tahunan yang digagas sebagai salah satu latihan simulasi tanggap darurat bencana se-ASEAN. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 31 Juli s.d 4 Agustus 2023 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembukaan dan konfrensi pers ARDEX-2023 berlangusng pada Selasa (1/8/2023) di Hotel Royal Ambarukmo. Pada hari yang sama juga berlangsung Academic Season dan Table Top Exercise (TTX). Paparnya ”

“Kegiatan Ini merupakan Kegiatan Tahunan Dalam Rangka Simulasi Tanggap darurat Bencana Se-Asean”

“Lebih Lanjut, Penyelenggaran ARDEX dilatarbelakangi oleh dampak yang kerap ditimbulkan oleh bencana alam.  Meskipun hal tersebut tidak dapat dihindari tetapi upaya untuk meminimalisir dampak dapat dilakukan melalui upaya tanggap bencana. Oleh sebab itu Indonesia menjalin kerjasama dengan ASEAN Regional Forum (ARF) dalam penyelenggaraan ARDEX-2023. Ujarnya”

Pemilihan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tempat pelaksanaan didasarkan pada hasil kajian potensi gempa bumi di daerah ini. D.I Yogyakarta secara geologis merupakan daerah rambatan gelombang/gaya sumber gempa darai runtuhan patahan yang sangat tua dengan kisaran usia 2 juta tahun. Patahan ini terletak  10 km di sebelah timur patahan Opak dengan oerientasi paralel.

Berdasarkan Pantauan Media, kegiatan ini yang akan berlangsung selama 5 hari ini antara lain :

  1. Persiapan Akhir Pelaksanaan
  2. Geladi Ruang Nasional
  3. Geladi Ruang ARDEX-2023
  4. Geladi Posko ARDEX-2023
  5. Geladi Lapang ARDEX-2023
  6. Workshop After Action Review

Lanjut Dr. Bahri, Kegiatan ARDEX-2023 berlangsung secara efektif dan dilaksanakan dengan metode tatap muka/klasikal selama lima hari. Seluruh rangkaian kegiatan melibatkan tim perencanaan dari BNPB, Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Daerah Provinsi D.I. Yogyakarta, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, dan Organisasi Intenasional. Tutupnya” (Red)

Example 728x250
banner 325x300