Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Kepsek di Mubar Dituntut Bisa Lebih Profesional dan Bisa Mengoperasikan Komputer

×

Kepsek di Mubar Dituntut Bisa Lebih Profesional dan Bisa Mengoperasikan Komputer

Sebarkan artikel ini

LIPUTAN6SULTRA.COM | – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar pelatihan peningkatan mutu pendidikan melalu guru penggerak kepada 39 Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta.

Pelatihan tersebut dipusatkan di SMP Negri I Lawa. Kegiatan digelar selama tujuh hari, dimulai tanggal 7 sampai 12 Juni 2022 dan dibuka langsung oleh Kadikbud Mubar, Jamuddin, didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Hasan. Selasa (7/6/2022).

Kabid Pembinaan GTK Dikbud Mubar, Hasan mengatakan tujuan digelarnya pelatihan ini adalah menjadikan Kepala Sekolah lebih profesional dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

“Melalui pendekatan sistem pembinaan profesional, diharapkan Kepala Sekolah mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran termasuk dalam mengembangkan kurikulum merdeka,” terang Hasan.

Sementara itu Kadikbud Mubar, Jamuddin menyebutkan, tugas Kepala Sekolah bukan hanya sekedar sebagai leader yang profesional.

” Tetapi banyak peran lain yang harus dilakukan yaitu sebagai educator, motivator, admistrator, supervisor, inovator, manager, dan memiliki jiwa kewirausahaan,” bebernya

“Artinya adalah, melalui kegiatan ini kompetensi Kepala Sekolah bisa dapat meningkat dan peran-peran tersebut dapat dijalankan dengan baik,” tambah Jamuddin.

Jamuddin menjelaskan, pelatihan tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagai Dasar hukum pembentukan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), yang menyatakan bahwa tenaga kependidikan berkewajiban untuk meningkatkan kemampuan professional, martabat, dan kesejahteraan tenaga kependidikan demi tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.

“Yang kami harapkan dari pelatihan ini adalah, kedepan para Kepala Sekolah sudah mampu bekerja secara profesional, tanpa melibatkan lagi guru atau operator sekolahnya dalam menyelesaikan tugas yang memang itu menjadi tanggungjawabnya.” Pungkas Jamuddin.

Reporter Deddi

Editor Ode

Example 728x250
banner 325x300