Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Menjelang Tahun Politik, Kesbangpol Mubar Berupaya Cegah Terjadinya Konflik

×

Menjelang Tahun Politik, Kesbangpol Mubar Berupaya Cegah Terjadinya Konflik

Sebarkan artikel ini

LIPUTAN6SULTRA.COM- MUBAR– Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakalan menggelar perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2024 mendatang.

Kendati masih terhitung dua tahun lagi, dinamika di tahun-tahun politik, dipastikan tensinya bakalan tinggi.Tidak hanya itu saja, kerawanan sosial juga menjadi momok menakutkan kala menjelang pemilihan.

Oleh karena itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat sesegera mungkin melakukan pemetaan dalam mengantisipasi terjadinya konflik sosial.

Plt Kesbangpol Mubar, La Kiro mengatakan, upaya pencegahan konflik sosial di tahun politik, memang tak semata dilakukan instansinya.

Akan tetapi, harus melibatkan semua stakholder termasuk unsur masyarakat. Makanya, pihaknya juga terus melakukan koordinasi bersama tripika.

“Tugas Kesbangpol mengantisipasi konflik sosial sebelum melangkah ke ranah hukum. Melihat, kondisi dalam menghadapi kegiatan politik ke depan, jelas akan terjadi gesekan. Makanya, mulai bulan depan ini, kita sudah bangun komunikasi bersama unsur Tripika,” kata La Kiro, Jumat (28/1/2022).

Mantan camat Tiworo Tengah ini melanjutkan, dalam meredam terjadinya konflik, peran lembaga adat juga diperkuat. Sosialiasi bakalan gencar dilakukan nanti.

“Tokoh agama, adat, maupun tokoh masyarakat, disetiap wilayah, akan diberikan pembekalan, sosialisasi agar bisa nanti memberikan edukasi terhadap para generasi, akan pentingnya persatuan. Termasuk juga partisipasi orang tua, untuk bagaimana menjaga kestabilan,” terangnya.

Terkait wilayah mana yang rawan terjadinya konflik ditiga wilayah besar Mubar, kata La Kiro, belum bisa dipastikan. Sebab, semua berpotensi rawan semua. Makanya, diakhir tahun lalu, pihaknya telah bertemu dan berkumpul bersama para pemuda, tokoh masyarakat, Panwas maupun KPU, membahas antisipasi terjadinya konflik.

“Jadi nanti ada kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Jika memang dilapangan mereka melihat ada tanda-tanda konflik, maka segera dilaporkan. Kita tetap berupaya mencegah konflik agar tidak meluas,” tandas La Kiro. (Deddy)

Example 728x250
banner 325x300