Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Pemkot Baubau Anggaran 15 M untuk Bangun Gedung PO-5

×

Pemkot Baubau Anggaran 15 M untuk Bangun Gedung PO-5

Sebarkan artikel ini

LIPUTAN6SULTRA, Baubau – Pemerintah Kota Baubau Sudah Anggarakan 15 Miliar untuk membangun gedung PO-5 Convention Center. Saat ini Pemkot (Pemerintah Kota) Baubau telah merampungkan dokumen studi kelayakan pembangunan gedung PO-5.

Gedung PO-5 akan dibangun tahun ini dengan anggaran bersumber dari dana APBD.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Baubau, Aniarti  mengungkapkan hasil studi kelayakan merekomendasikan lokasi pembangunan gedung P0-5 terletak dilahan kosong samping Kantor Wali Kota, Kelurahan Lipu. Lahan tersebut seluas  7.000 meter persegi milik Pemkot Baubau.

Katgam: Struktur Gambar

“Lokasi yang sesuai dengan hasil studi kelayakan yaitu di Palagimata samping kantor Wali Kota. Lahan itu milik Pemkot Baubau, luasnya kurang lebih 7000 meter persegi,”ungkap Aniarti pada saat ditemui oleh Redaksi Liputan6Sultra di ruang kerja, Senin(10/1/2022). 

Ia mengatakan, penetapan lokasi itu juga sesuai dengan perjanjian utang antara Pemkot Baubau dengan Bank Sultra. Dimana, dalam akta perjanjian tertuang bahwa Gedung PO-5 berada di Kelurahan Lipu. 

Awalnya kata Aniarti, tim ahli yang menyusun dokumen studi kelayakan menilai empat lokasi rencana pembangunan Gedung PO-5 yaitu lahan eks kantor DPRD Buton, lahan samping Laboratorium Kesehatan Daerah, lahan samping Kantor Wali Kota dan lahan di Kelurahan Labalawa. 

Ia mengatakan, dari empat lokasi itu, tim ahli menilai banyak aspek salah satunya aspek ekonomi. 

“Karena (kelayakan bangunan Gedung ini) bukan hanya dilihat dari segi teknisnya melainkan juga segi ekonominya. Apalagi ini bangunan komersial, bukan bangunan untuk pemerintahan. Jadi dari empat lokasi itu, pilihan kita jatuh disamping kantor Wali Kota,”jelasnya.

Aniarti menambahkan, Gedung PO-5 sendiri didesain satu lantai dengan daya tampung sekira 1.000 orang. Gedung ini rencananya akan dikomersilkan untuk umum agar dapat menambah pendapatan bagi daerah.

Laporan : Nanda.N (NDR)

Example 728x250
banner 325x300