Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Genjot SDM Guru, Kepala SMP Negeri 3 Kendari Gandeng Tim PKM FKIP UHO Gelar Pelatihan Kompetensi

×

Genjot SDM Guru, Kepala SMP Negeri 3 Kendari Gandeng Tim PKM FKIP UHO Gelar Pelatihan Kompetensi

Sebarkan artikel ini

Kendari, Liputan6Sultra.Com – Komitmen Dalam rangka meningkatkan sektor pembangunan khususnya peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada Guru, Kepala SMP Negeri 3 Kendari Menjalin kerja sama dengan FKIP Universitas Halu Oleo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) menggelar Pelatihan Model Pembelajaran Case Method dan Project Learning bertajuk “Model Pembelajaran Problem Discoveri, Project, Service, Living Value (PDPSL) Berbasis Kecakapan Abad 21” kepada Guru di SMP Negeri 3 Kendari, Senin, 07/08/2023.

Kegiatan kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan SMP Negeri 3 Kendari ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FKIP Universitas Halu Oleo dalam rangka Penerapan kebijakan Merdeka Belajar di sekolah-sekolah.

Ketua Tim PKM, Dr. Abdul Halim Momo, M.Si kepada media menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu dari kewajiban Dosen di Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. “tujuannya untuk meningkatan kemampuan Guru dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah” paparnya”

“program ini sendiri didanai oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LPPM-PM) Universitas Halu Oleo serta diinisiasi oleh tim PKM yang terdiri dari saya sendiri Dr. Abdul Halim Momo, M.Si, Prof. Dr. La Iru, S.Pd., S.H., M.Si, Dr. Syahbudin, SH., M.Hum, Salimin A, S.H., M.H, Dra. Irawaty, M.Pd, Wa Ode Reni, S.Pd., M.H, Nerlin, S.Sos., M.Pd, Dr. Muhammad Saleh, S.Pd., M.Pd dan dibantu oleh mahasiswa”, ucap Ketua Tim.
Abdul Halim menjelaskan,

Lanjut, Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan dalam dua sesi. Pertama, materi tentang “Pembelajaran Abad 21 dan Model-model Pembelajaran Kolaboratif, Kreaktif dan Inovatif yang disampaikan oleh Ibu Dra. Irawaty, M.Pd.
“beliau menyampaikan tentang konsep kecakapan dan bagaimana peran guru di era abad 21 dalam proses pembelajaran di kelas. kemudian sesi kedua oleh Dr. Muhammad Saleh, S.Pd., M.Pd yang menyampaikan materi “Implementasi Model Pembelajaran PDPSL dan Pengembangan Media Berbasis Case Methode dan Project Learning”, ini menjelaskan tentang pengembangan media pembelajaran berbasis kecakapan abad 21 dan Sintaks Model pembelajaran PDPSL berbasis kecakapan abad 21.”, sebut Abdul Halim lagi.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 3 Kendari, Sabil, S.Pd., M.Pd mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam peningkatan Kompetensi guru dalam melaksanakan pengajaran di kelas terutama untuk memahami substansi kurikulum merdeka, Pelatihan ini merupakan suatu upaya kearah tersebut.

“Sabil menambahkan Kegiatan ini sejalan dengan keperluan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai perkembangan zaman. Apalagi dalam kurikulum merdeka memberikan otonomi kepada guru untuk merancang jenis pembelajaran yang tepat saat ini guna disampaikan kepada siswa. Semoga akan ada hasil yang nantinya dapat di implementasikan oleh para guru ”, harap Sabil mengakhiri.

Laporan Kahar

Example 728x250
banner 325x300