Example 728x250
Example 728x250
BeritaNasional

Pemkab Mubar Terima Penghargaan UHC Award

×

Pemkab Mubar Terima Penghargaan UHC Award

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) resmi menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) oleh Pemerintah Pusat, yang digelar di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Acara penghargaan UHC ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), KH. Ma’aruf Amin. Wakil Presiden turut menyerahkan UHC Award ini pada 22 Gubernur se-Indonesia.

Sementara itu, Pemkab Mubar diwakili langsung oleh Pj. Bupati, Dr. Bahri dalam penerimaan penghargaan UHC Award ini, yang diserahkan oleh Menteri dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian.

Dalam momen tersebut Dr. Bahri didampingi oleh Sekda, LM. Husein Tali, dan sejumlah kepala OPD nya yakni Kadis Kesehatan, Direktur RSUD, Kadis Naketrans, Plt. Kepala BPKAD serta Kepala BPJS Kesehatan Mubar.

Pada Liputan6sultra.com. Dr. Bahri mengatakan bahwa dengan pihaknya telah menjalankan 100% UHC, maka dengan penghargaan ini adalah merupakan wujud kontribusi Pemkab Mubar dalam urusan kesehatan masyarakat.

“Alhamdulillah kita masuk diantara 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang telah menyelenggarakan UHC dengan 100%, dan penghargaan ini adalah merupakan wujud kontribusi Pemkab Mubar dalam urusan kesehatan yang notabene adalah sebagai pelayanan dasar,” jelasnya.

Lanjutnya Dr. Bahri, Hal ini (UHC) merupakan program yang mesti dilakukan, kewajiban Pemda adalah mengintegrasikan seluruh jaminan sosial (jaminan kesehatan) ini ke dalam BPJS kesehatan.

“Jadi kita menyediakan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Muna Barat dengan 100%, artinya, kita sudah mendaftarkan seluruh masyarakat yang berdomisili di Muna Barat untuk mendapatkan pelayanan tersebut, Yakni menjaminkan biaya kesehatan seluruh masyarakat Mubar melalui BPJS Kesehatan kelas III secara gratis, terkecuali peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Pekerja Penerima Upah (PPU). Peserta PBI, telah terdaftar dan dibayarkan melalui APBN. Sedangkan PPU telah dibayarkan melalui APBD melalui BPJS kesehatan,” jelas Dr. Bahri.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri juga ini berharap agar seluruh stakeholder yang ada di Muna Barat agar terus kerja bersama agar prestasi ini dipertahankan.

“Ini capaian yang luar biasa, berkat keras kita semua, dan saya sangat mengapresiasi seluruh OPD dan stakeholder yang ada di Mubar, jadi ini mesti kita harus pertahankan terus menerus agar kita menjadi bagian dari daerah yang telah menjalankan UHC dengan 100%,” pungkas Dr. Bahri.

Diketahui, Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Reporter: Dedi

Editor : Ode

Example 728x250
banner 325x300