Example 728x250
Example 728x250
BeritaMabes POLRI

Masyarakat Sultra Apresiasi Kenerja Polda Sultra yang Berantas Illegal Mining dan Ciptakan Wilayah yang Kondusif

×

Masyarakat Sultra Apresiasi Kenerja Polda Sultra yang Berantas Illegal Mining dan Ciptakan Wilayah yang Kondusif

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Dinilai mampu menciptakan suasana yang kondusif dan memberantas kasus ilegal mining, kinerja dan prestasi Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, Sabtu 11 Maret 2023.

Salah satunya Ketua Umum (Ketum) BADKO HmI Sultra Irpan Karim mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kinerja Kapolda Sultra.

“Kami sangat mendukung kinerja Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto dalam memberantas kasus ilegal mining di Sultra,” katanya.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa terkait isu-isu dan tudingan miring yang diarahkan ke Polda Sultra diduga pesanan beberapa pihak.

“Terkait isu-isu dan tudingan miring yang diarahkan ke Kapolda Sultra, kami duga ada beberapa pihak yang sengaja memesan karena aktivitas penambangan ilegalnya terganggu,” ungkapnya.

Pihaknya juga membeberkan sejak dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto tercatat bahwa Polda Sultra konsisten melakukan pencegahan dan penegakan hukum yang masif.

“Polda Sultra sejak kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto tercatat melakukan sejumlah penindakan untuk menciptakan suasana kantibmas yang kondusif dan penegakan hukum yang masif tanpa terkecuali di kasus Ilegal Mining,” bebernya.

Senada dengan hal tersebut Asosiasi Penambang Lokal Konawe Utara (APLKU) mengapresiasi kinerja Polda Sultra dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

“Kami apresiasi kinerja Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto melalui Subdit IV Ditreskrimsus Polda Sultra yang rutin melakukan patroli dan penindakan Ilegal Mining khususnya di Konawe Utara,” ujarnya

Terkait isu-isu dan tudingan miring yang diarahkan ke Kapolda Sultra pihaknya mengungkapkan berbanding terbalik dengan kondisi lapangan.

“Dilapangan bisa kita lihat pihak Polda Sultra rutin melakukan patroli khususnya di wilayah IUP PT Antam Blok Mandiodo Konawe Utara, apalagi sekarang wilayah tersebut telah masuk Objek Vital Nasional (OVN) jadi isu dan tudingan itu tidak benar karena berbanding terbalik dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Tanggapan yang sama juga datang dari
Front Pemuda dan Mahasiswa Konawe Utara (FPMKU) melalui penaggungjawab Idil Darmawan mengapresiasi Polda Sultra dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

“Kami pemuda Konawe Utara mengapresiasi kinerja Polda Sultra dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto yang mampu menindak kasus Ilegal Mining khususnya di kabupaten Konawe Utara,” katanya.

Ia juga menuturkan bahwa selama ini Konawe Utara yang terkenal dengan dugaan ilegal miningnya dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto melalui Subdit IV Ditreskrimsus rutin melakukan patroli ilegal mining di Sultra tanpa terkecuali Konawe Utara.

“Selama ini Konawe Utara selalu diributkan dengan kasus dugaan ilegal mining dan dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto mampu menindak dan menuntaskan sejumlah persoalan ilegal mining khususnya di kabupaten Konawe Utara,” tuturnya.

BADKO HmI Sultra, APLKU, FPMKU juga berharap kinerja dan prestasi tersebut dapat terus dipertahankan oleh Polda Sultra dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

Selain itu saat release akhir tahun 2022 dalam kesempatan tersebut Kapolda Sultra Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto mengatakan sepanjang tahun 2022 Polda Sultra dalam menangani kasus tindak pidana mengalami peningkatan.

“Selama tahun 2022 terjadi 4.030 kasus atau meningkat 342 kasus dibandingkan tahun 2021,” katanya didepan awak media.

Pihaknya juga menambahkan bahwa Polda Sultra berhasil menyelesaikan kasus sebanyak 2.570 kasus.

“Penyelesaian kasus tindak pidana pada tahun 2022 berjumlah 2.570 kasus atau 63,77 persen,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga mengungkapkan bahwa kasus tindak pidana yang ditangani Polda Sultra masih didominasi kejahatan konvensional.

“5 kasus kejahatan konvensional tertinggi di dominasi penganiayaan, pengeroyokan, penipuan, pencurian dan kdrt,” ungkapnya.

Selain itu dalam menciptakan suasana yang kondusif Polda Sultra dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto bersama Polres dan Polsek Jajaran melalui momen Jum’at Curhat yang merupakan program Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo rutin mendengarkan langsung keluhan masyarakat.

Berbagai keluhan masyarakat dari persoalan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) hingga persoalan lainnya langsung di respon oleh pihaknya.

Salah satu langkah yang diambil pihaknya dengan menertibkan penggunaan knalpot racing, merazia sejumlah hotel, penjualan miras Ilegal, dan membubarkan kumpulan orang yang sedang mengkonsumsi miras di lorong-lorong dan jalan-jalan umum.

Irjen Pol Teguh Pristiwanto juga tercatat melakukan penindakan ilegal mining di wilayah hukumnya, pihaknya tercatat menindak kasus penambangan nikel, emas dan batu gamping ilegal.

Selain itu dibawah kepemimpinannya melalui Subdit IV Ditreskrimsus Polda Sultra rutin melakukan patroli ilegal mining yang kerap dikeluhkan terjadi ilegal mining.

Berkat kinerjanya, Polda Sultra dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teguh Pristiwanto mengukir prestasi Ranking II Polda se Indonesia dalam rangka menindak kasus ilegal mining.

Laporan : Redaksi

Editor : Ode

Example 728x250
banner 325x300