Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Pastikan Penerimaan Bansos tepat sasaran, Dinsos kabupaten Muna Siap Terima Keluhan Masyarakat

×

Pastikan Penerimaan Bansos tepat sasaran, Dinsos kabupaten Muna Siap Terima Keluhan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

RAHA, -Dalam penanganan bantuan pemerintah , Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muna membuka layanan setiap hari bagi penerima bantuan yang bermasalah.

permasalahan tersebut sering terjadi pada penerima bantuan program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun BPJS Jamkesda.

Plt. Kadis Sosial, Muammar Khadafi, menjelaskan Banyak masyarakat yang datang di kantor karena tidak dapat bantuannya sehingga operator buka layanan setiap hari.

“Setelah penerima bantuan padankan datanya di Capil kami input kembali datanya,”ungkap Kadis Sosial saat di temui di ruangannya Rabu (1/03/2023).

Ia menerangkan ada beberapa faktor di keluarkan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diantaranya kluarga karena sudah mampu, memiliki rumah yang layak huni maupin sudah jadi PNS.

Data DTKS Kabupaten Muna tahun ini berkisar 44.000 an, sementara yang tersentuh bantuan berkisar 18.000 an terdiri dari penerima bantuan Penerima Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun BPJS Jamkesda.

Selanjutnya, penerima bantuan PKH berkisar 17.000 an yang tersebar di 22 Kecamatan hampir inklut dengan penerima BPNT.

“Ada sebagian penerima PKH yang belum dapat bantuannya, hal ini disebab perubahan komponen mulai dalam KK memiliki balita, ibu hamil, ada sekolah Sd, Smp, dan Sma maupun Lanjut Usia (Lansia).

“Ketika 5 komponen ini tidak ada maka dengan sendirinya akan keluar dari penerima PKH,

Selain itu juga ada faktor perubahan eleman data kependudukan penerima bantuan sehingga perlu di padamkan/diaktifkan di Dukcapil Muna.

Sementara itu, tahun ini mendapat 100 kuota penerima bantuan bagi Lansia, disabilitas,

Reporter : Kahar

Example 728x250
banner 325x300