Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Dinas PUPR Mulai Lakukan Pengukuran Lahan Pembangunan Masjid Agung Mubar

×

Dinas PUPR Mulai Lakukan Pengukuran Lahan Pembangunan Masjid Agung Mubar

Sebarkan artikel ini

MUBAR, LIPUTAN6SULTRA.COM -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Muna Barat (Mubar) terus bergerak cepat mendukung program pembangunan Masjid Agung Mubar yang telah dicanangkan oleh Pj Bupati. Dinas PUPR telah menurunkan tim surveynya dan alat ukur elevasi, pada Jumat (1/7/2022).

Dibawah komando langsung Kadis PU PR La Ode Butolo, tim survey telah mengambil data elevasi untuk keperluan penimbunan areal pembangunan Masjid dan normalisasi sungai pada kawasan tersebut.

“Kondisi topografi tanah yang cukup cekung dan ada beda tinggi antara 1 – 2 meter dengan permukaan jalan nasional serta adanya saluran eksisting pada areal pembangunan merupakan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan konstruksi,” terang La Ode Butolo, Jumat (1/7/2022).

Namun La Ode Butolo yakin pihak konsultan dibawah supervisi dapat menentukan perlakuan yang tepat sehingga tahapan konstruksi Masjid Agung nantinya tidak terganggu.

“Kami sudah mencermati salah satu prioritas utama adalah bagaimana mengamankan daerah tersebut dari luapan air sehingga salah satu skenario yang mesti dilakukan adalah kanalisasi dan perkuatan tebing kanal sehingga air tidak mengancam bangunan itu nantinya.” Jelasnya.

“InsyaAllah melalui skenario pembangunan yang tepat maka pembangunan Masjid itu nantinya tak akan mendapat kendala berarti.” Pungkas La Ode Butolo.

Diketahui Hasil survey itu akan menjadi bahan laporan Kadis PUPR Mubar kepada Pj Bupati sebagai bahan pengambilan kebijakan selanjutnya.

Sementara itu, Sekdis PUPR Mubar, Surachman mengatakan pihaknnya sigap mendukung kebijakan pembangunan yang telah direncanakan oleh Pj Bupati Mubar.

Apalagi Masjid Agung Muna Barat nantinya akan menjadi bangunan yang iconik karena tema arsitekturalnya mengusung kearifan lokal masyatakat Muna Barat. Masjid ini akan menjadi salah satu bangunan religi yang khas dan dapat menjadi magnet umat untuk beribadah dan berwisata religi,” papar Surachman.

Reporter: Dedi

Example 728x250
banner 325x300