Example 728x250
Example 728x250
BeritaDaerah

Institut Teknologi, Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah Resmi Hadir di Mubar

×

Institut Teknologi, Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah Resmi Hadir di Mubar

Sebarkan artikel ini

LIPUTAN6SULTRA.COM.MUBAR- Institut Teknologi, Bisnis dan Kesehatan (ITBK) Muhammadiyah Resmi berdiri di Kabupaten Muna Barat Mubar Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu ditandai dengan telah diterbitkannya keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI nomor 120/E/0/2022 tentang izin pendirian ITBK Muhammadiyah Mubar serta penyerahan SK pendirian ITBK Muhammadiyah Mubar oleh kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi IX Kemdikbudristek RI yang digelar di Aula kantor Bupati Mubar, Kamis (31/3/2022).

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) ITBK Muhammadiyah Mubar, LM. Husein Tali mengatakan keberadaan dan kehadiran Institut ini menjadi penting dan strategis sebab kampus Muhammadiyah ini akan berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masih belum merata di Sultra.

“ITBK Muhammadiyah ini juga sebagai kado di hari ulang tahun Mubar yang kedelapan mendatang, sulit saya gambarkan tapi puncaknya hari ini kita bisa terima SK,” terang Sekda Mubar itu.

LM. Husein Tali menambahkan bahwa ITBK Muhammadiyah Mubar akan dikelola secara profesional dan untuk seluruh lapisan masyarakat.

“Walaupun secara administrasi dikelola oleh Muhammadiyah, namun kami sepakat institut ini kami persembahkan untuk seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Mubar.” Paparnya.

Sementara itu, anggota pimpinan wilayah Muhammadiyah Sultra , Muh. Alifudin menyebut ITBK Muhammadiyah Mubar ini adalah perguruan tinggi yang ke-7 yang ada di Sultra dan perguruan tinggi yang ke-173 yang ada di Indonesia yang dibentuk oleh Muhammadiyah.

“Jadi bagi orang tua yang ingin memasukkan anaknya untuk kuliah di ITBK Muhammadiyah Mubar tidak perlu keraguan karena Institut ini mempunyai struktur, jaringan, dan anggota yang besar dan luas di bawah perserikatan Muhammadiyah sehingga memberikan jaminan bagi terselenggaranya perguruan tinggi yang unggul.” Jelasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Mubar, Achmad Lamani mengatakan bahwa berdirinya ITBK Muhammadiyah Mubar ini adalah bagian dari prakarsa Pemda Mubar dan Muhammadiyah. Olehnya itu, dirinya juga berharap institut ini akan dikelola dengan baik dan profesional.

“Saya juga berharap institut ini nantinya harus menjadi besar, dikelola dengan sebaik-baiknya, dikelola secara profesional, tugas saudara-saudara pengurus sangat besar untuk kemajuan institut ini,”. Harap Achmad Lamani.

Diketahui, kampus ITBK Muhammadiyah Mubar ini berlokasi di jalan poros Lagadi-Tondasi, Desa Wandoke, Kecamatan Tiworo Kepulauan, dengan mempunyai staf dosen pengajar sebanyak 15 orang.

Selanjutnya untuk sementara kampus ini mempunyai 2 Fakultas yakni Fakultas teknologi dan Bisnis yang mempunyai 2 porgran studi teknik sipil dan program studi Kewirausahaan serta Fakultas Ilmu Kesehatan dengan program studi Administrasi Kesehatan. (Deddy)

Example 728x250
banner 325x300