Example 728x250
Example 728x250
Daerah

Pemkec Tisel Gandeng Pihak Puskesmas dan Kepolisian, Edukasi Warga Pentingnya Vaksinasi

×

Pemkec Tisel Gandeng Pihak Puskesmas dan Kepolisian, Edukasi Warga Pentingnya Vaksinasi

Sebarkan artikel ini

LIPUTAN6SULTRA.COM. MUBAR -Penyebaran Covid-19 yang mengancam kehidupan Masyarakat Indonesia sampai Ke desa-desa.

Sehingga Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Tiworo Selatan (Tisel), Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Gandeng TNI/POLRI menggelar edukasi pada warga Pentingnya Vaksinasi dalam rangka Memutuskan Mata Rantai Covid-19.

Giat tersebut digelar di gedung serbaguna Desa Kasimpa Jaya, Tisel. Kamis, turut hadir Camat Tisel, Abidin Onto, Kapolsek Tikep, Iptu Sulatin ,Kapus Tisel, Sutino, Anggota BPD, dan anggota masyarakat dari lima desa yang ada di Tisel.25/11/2021.

Abidin Onto, Selaku Camat Tiworo Selatan, Mengatakan Bahwa Kegiatan tersebut adalah Sinegritas TNI/POLRI dan Masyarakat Dalam mengedukasi Warga untuk tetap melaksanakan Vaksinasi untuk mewujudkan keamanan dan ketentraman Warga Tisel

” Vaksinasi ini adalah wajib dilakukan di masa pandemi ini, olehnya itu saya Berharap Kepada warga Tiworo selatan yang belum melaksanakan vaksinasi agar Mengikuti Pelaksaan Vaksinasi yang akan di laksanakan Minggu Depan agar kita terhindar dari penyebaran Covid-19.” Dan kartu vaksinasi juga sangat penting ketika berpergian diluar daerah
Bebernya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Tisel Sutino, Skm, Menyampaikan Bahwa kegiatan edukasi Vaksinasi ini tujuannya agar masyarakat tetap mengikuti tahap-tahap Vaksinasi selanjutnya di Wilayah kerja Puskesmas Tiworo Selatan.

“Tapi jika dibandingkan dengan wilayah lain di Mubar ini, kegiatan Vaksinasi di Tisel, Cukup baik. Karena Capaian untuk Kecamatan Tiworo Selatan yaitu Desa Kasimpa Jaya untuk sementara ini 395 orang, Desa Parura jaya 248 orang, Desa Katangana 190 orang , Desa Sangia Tiworo 158 orang, Desa Barakka 218 orang.” Tambahnya.

Ia menambahkan, bukan hanya terkhusus bagi masyarakat umum di Desa-desa akan tetapi juga Vaksinasi khusunya di sekolah-sekolah.

“Diantaranya yaitu SMK SMP 91 orang, SMP 1 satap 30 orang SMP 2 Satap 26 orang, SMP Negeri 1)72 orang dan SMP Negeri 90 orang. Jadi total keseluruhan untuk Masyarakat khususnya yaitu 1209 dan ditambah SMP Dan SMK sekitar 309 jadi total keseluruhan adalah 1508 orang. Paparnya”

Lanjut dia, Mudaha-mudahan Program Vaksinasi tahap-tahap Selanjutnya bisa ditingkatkan lagi dan insyaallah Minggu depan kita jadwalkan Perdesa untuk mencapai kegiatan-kegiatan ini menjalin kerjasama yang baik.

“Paling tidak di akhir tahun ini bisa mencapai apa yang menjadi program Pemerintah yaitu sampai 78% kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Perintah sektor Baik TNI ,POLRI dan tokoh Masyarakat, tokoh Agama Khususnya Kepala Desa dan pejabat-pejabat yang lain.” Paparnya.

Sementara itu Kapolsek Tikep Iptu Sulatin, menjelaskan tugas pokok kepolisian selain sebagai Pembina Babinkatibmas, di masa pandemi ini pihaknya ditugaskan untuk mengawal kegiatan Vaksinasi di wilayah hukumnya.

“Karena ini merupakan program Pemerintah jadi saya meminta Kepada seluruh Tiworo Selatan untuk bersama-sama mensukseskan program Vaksinasi.” Pintanya.

lebih lanjut Sulatin mengatakan, bahwa pihaknya Berharap Kepada Pemerintah Desa dan Kecamatan agar menjalin kerja sama dalam hal Kamtibmas, yang kedua masalah kegiatan vaksinasi tugas pokok kami Polri yaitu sebagai Pembina Kamtibmas.

“Terus terang kami dari POLRI tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik kalau tanpa bantuan dari seluruh masyarakat yang ada, Allahamdulilah jalinan kerja sama kita selama ini antara Polri dan Masyarakat Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan sampai sudah cukup baik.” Katanya.

“Jadi harapan kita agar meningkatkan dari pada vaksinasi kita meminta kepada masing-masing perangkat desa sampai tingkat RT untuk melakukan pendataan pada Masyarakatnya yang belum vaksinasi, agar Sasaran yang kita akan datangi benar-benar akurat untuk tetap melaksanakan Vaksinasi.” Pungkasnya.

(Laporan Kahar)

Example 728x250
banner 325x300